Artikel ini penulis buat karena terinspirasi dari situs Ilmukomputer.org yang pada bagian “Dasar Pemrograman Shell dan Batch” yang terlampaui sangat jarang dan sedikit sekali. Disini penulis ingin mengembangkan rasa keingintahuan para pembaca akan pentingnya pemrograman shell dan batch yang khususnya pada Command Promptnya Windows atau yang kita kenal dengan “CMD” sedangkan untuk pemrograman shellnya unix atau Linux akan penulis rampungkan bila ada waktu.

Sebenarnya, antara shell Windows dan shell Linux hampir mirip sama penggunaan dan fungsinya seperti perintah CD (Change Directory), Dir (Directory), Call, dll pada Windows dan Linux. Tapi untuk artikel kali ini penulis khususkan pada pemrogramannya shell Windows, bukan pada penjelasan penggunaan perintah – perintahnya.

Mungkin bagi sebagian orang Pemrograman Shell dan Batch adalah sebuah pemrograman yang lumayan sulit, tapi disini penulis akan membuat pembaca mampu mempelajari dan mengaplikasikannya pada keseharian, karena kemudahan dari pemrograman ini sendiri.

Download Artikel Lengkap :eko - Dsr-Pemrograman-Shell&Batch