Catatan Kecil Seorang Engineer

0 Komentar

How to create Materialized View and Automatic Refresh Scheduler in Oracle 11gR2

 Sumber Gambar : http://annasophiawatts.com/wp-content/uploads/2014/12/Oracle-11g-RAC-Essentials-Certification-An-Overview.png
Before I post this article, I was troubled by MV configuration to refresh it manually. My MV is too complicated to tell it here, so I'll create it more simple.

Create a materialized view first, here is my simple MV :
 CREATE MATERIALIZED VIEW "some_schema"."MV_TEST_BRO" ("some_field", "some_field", "some_field")  
ORGANIZATION HEAP PCTFREE 10 PCTUSED 0 INITRANS 2 MAXTRANS 255 NOCOMPRESS NOLOGGING
STORAGE(INITIAL 65536 NEXT 1048576 MINEXTENTS 1 MAXEXTENTS 2147483645
PCTINCREASE 0 FREELISTS 1 FREELIST GROUPS 1 BUFFER_POOL DEFAULT FLASH_CACHE DEFAULT CELL_FLASH_CACHE DEFAULT)
TABLESPACE "some_tablespace"
BUILD IMMEDIATE
USING INDEX
REFRESH COMPLETE ON DEMAND
USING DEFAULT LOCAL ROLLBACK SEGMENT
USING ENFORCED CONSTRAINTS DISABLE QUERY REWRITE
AS SELECT * FROM some_table;

You can create it using REFRESH COMPLETE ON COMMIT or using FAST/FORCE mode. For detailed information please read this. After you update one of your table master you will get status NEED_COMPILE if you run this query :
 SELECT MVIEW_NAME, STALENESS, LAST_REFRESH_TYPE, COMPILE_STATE FROM USER_MVIEWS ORDER BY MVIEW_NAME;  

Read more

0 Komentar

Polusi Jakarta merampas Pagiku

Pagi ini senin tanggal 13 April 2015 jam 05.40 udara terasa sejuk sekali, sebelum para pembuat polusi merampas hak saya di pagi hari. Ya, kenapa saya bilang merampas hak saya ? karena udara segar, sejuk di pagi hari adalah hak semua orang termasuk saya pribadi. Kendaraan - kendaraan yang bisa jadi tak lulus "UJI EMISI" itu sering kali berkeliaran di jalanan Jakarta dan banyak membuat pengguna jalan lain tak nyaman. Sebut saja seperti Kopaja, Bajaj warna merah, metro-mini yang kerap kali menghasilkan polusi paling banyak di jalanan jakarta. Terlepas dari kendaraan yg bebas emisi, kita semua seharusnya lebih kritis menilai kendaraan yang kita pakai dan lingkungan kita sendiri.

Read more

0 Komentar

APALAH AKU

Aq malu,
Dari Uang rakyat itulah seragamku,
Uang rakyat itulah gajiku,
Malu bila makan uang rakyat melulu,
Tanpa adil padamu,

Aq malu,
Bila tak mengabdi padamu,
Malu bila tak berbakti padamu,

Read more

0 Komentar

Membuat File Sharing menggunakan FTP Server pada Windows 7

Sumber Gambar : http://www.qnap.com/images/features/ftpserver.png

Artikel ini dibuat untuk mempermudah berbagi pakai resource antar satu komputer ke komputer lainnya dalam satu jaringan. Selama ini mungkin kita sudah kenal dengan Folder Sharing yang biasa kita gunakan untuk berbagi pakai resource antar komputer. Namun perlu diketahui bahwa kelemahan pada penggunaan cara tersebut yang utama adalah virus. Bila salah satu komputer terinfeksi virus, maka jaringan yang saling berbagi pakai akan terinfeksi juga. Dan bukan itu saja data yang diakses tidak dapat di track.

FTP server adalah aplikasi yang memberi layanan download dan upload file antar jaringan menggunakan protokol (TCP/IP). FTP merupakan protocol standar untuk melakukan tukar menukar file dalam jaringan yang sama. Untuk dapat mengakses FTP server dibutuhkan sebuah aplikasi FTP Client seperti FileZilla, WS_FTP, Cute_FTP atau aplikasi third party lainnya atau paling sederhana dengan menggunakan Browser.

Read more

0 Komentar

BUDAYA / TRADISI DAN KEKOMPAKAN


Sumber gambar : http://www.gudangkesehatan.com/wp-content/uploads/2014/07/prilaku-orang.jpg

Telah lama tradisi yang membuat indonesia menjadi satu, perbedaan tak lagi menjadi pemicu perpecahan. Bhinneka Tunggal Ika jelas - jelas telah menunjukkan eksistensi Indonesia dengan keberagaman budaya/tradisi, suku/ras, agama, dan lain - lain sebagai pemersatu bangsa.

Budaya / tradisi itu ada karena adanya kebersamaan, kekompakan, maupun kesamaan visi & misi. Kita sebagai generasi penerus bangsa sudah sepatutnya untuk menjaga, melestarikan dan membangun budaya yang sudah ada menjadi lebih kuat dan lebih kokoh, untuk menghadapi globalisasi ini.

Namun, kita juga harus waspada pada budaya/tradisi jelek yang dapat menggerogoti martabat bangsa kita sendiri. Lihatlah indonesia berada pada peringkat 107 dunia berdasarkan Index pada Transparency International, tidak ingin kah kita generasi penerus membuat bangsa ini berada di PERINGKAT 1 Dunia ???

subscribe via RSS